Pengajian yang Unik

Foto hanya sekedar ilustrasi, tidak mewakili fakta/isi cerita.

Suatu hari, pengelola majelis taklim mengundang Nasruddin untuk memberikan pengajian. Berbondong-bondong masyarakat datang untuk mengikuti pengajian tersebut. Saat naik mimbar, kepada semua hadirin Nasruddin bertanya, "Apakah kalian tahu tentang apa yang akan saya sampaikan?"

Seluruh hadirin serentak menjawab, "Tidaaak..."

Mendengar jawaban itu, dengan santai Nasruddin berkata, "Saya tidak punya keinginan untuk berbicara dengan orang-orang yang bahkan tidak tahu saya akan berbicara tentang apa". Nasruddin bergegas turun dari mimbar, lalu pulang.

Panitia merasa tidak enak hati. Akhirnya diputuskan, Nasruddin kembali diundang esok harinya. Dan Alhamdulillah datang. Dari podium, kembali ia menyampaikan pertanyaan yang sama, “Apakah kalian tahu tentang apa yang akan saya sampaikan?"

Khawatir kejadian kemarin terulang, kali ini seluruh hadirin kompak menjawab, “Yaa …”

Dengan jawaban itu, Nasruddin kemudian menegaskan, "Nah, karena kalian sudah tahu apa yang akan saya katakan, maka saya tidak perlu membuang-buang waktu lagi untuk menyampaikan hal yang kalian sudah ketahui". Nasruddin pun meninggalkan mimbar, dan pulang.

Panitia dan segenap hadirin benar-benar pada bengong semua. Agar tidak penasaran, sekali lagi Nasruddin diundang di tempat yang sama. Sesuai kesepakatan, pertemuan dijadwalkan pekan depan. Tiba waktu yang telah disepakati, Nasruddin datang. Ia langsung menempati posisi di mimbar, dan kembali menanyakan hal yang sama kepada seluruh hadirin, “Apakah kalian tahu tentang apa yang akan saya sampaikan?"

Berbekal dua pengalaman sebelumnya, maka akhirnya setengah dari hadirin kompak menjawab “Ya”, dan yang setengahnya lagi serentak menjawab “Tidak”.

Menanggapi jawaban tersebut, Nasruddin mengatakan, "Setengah dari hadirin yang tahu, silahkan beritahu kepada setengah hadirin lainnya yang belum tahu". Nasruddin kemudian meninggalkan mimbar, dan pulang.

Hadeeeh ... Nasruddin ga bisa ceramah kali ya ... Cappe deech ....

Yuk, telusuri intermezo lainnya di tautan ini: Senyum Sejenak 

0 Response to "Pengajian yang Unik"

Posting Komentar